Jakarta - Kuala Lumpur - Siem Reap for #AsiaPacificNetworkForGlobalChangeResearch

Assalamualaikum, haii…

Oh well, marilah kita memulai cerita perjalanan gw ke #AsiaPacificForGlobalChangeResearch yang gratis tis tisss karena dibiayai penuh oleh #AsiaPacificNetwork :)

Frankly, tadi malam gw ga tidur sama sekali karena sibuk packing haha biasalah last-minute-traveller! Tapi gw udah nyetrika smua baju jadi tinggal masukin ke koper deh. Lagian, gw ga tidur karena takut kebablasan! Jadi gini, gw dikasi airfare ticket sama panitia APN pake pesawat paling pagi jam 4.40, jadi yaaah berangkatnya at least 2 jam sebelum itu dari kos-an, yaitu jam 2.40

Jam 1.30 tengah malam, gw udah download aplikasi bluebird di smartphone, abis itu gw trus mandi, siap2 dan order taksinya. Fyi, cukup oke kok pake aplikasi blue bird di smartphone. Koneknya kencenggg, kita tinggal masukin nama kita, no.hp dan tanggal lahir beserta e-mail. Setelah order dan kasih tau lokasi, siap2 deh tungguin si driver nelpon kita utk make-sure ordinat kita dimana. That simple, yes? Ahhh…technology makes everything easier! *walo ada negatifnya jugak sih ya

Oke lanjut!

Jam 2.30, gw ke airport dianter Ana, yg kebetulan pagi itu juga mau ke Bekasi tempat sodaranya. Untung berdua Ana, kalo ga gw ga sanggup jam sgitu naik taksi ke airport :(
Couple minutes after that, meluncurlah kita ke airport… untuk tarif taksi, yah standar-lah ya, pake argo blue bird. Tadi gw kena sekitar 140.000 dari Salemba ke Soekarno Hatta.

Sampai di bandara, gw langsung cuzzz… takut telat ciiinnn… karena biasanya di bagian imigrasi yang bikin lamaa (tau sendiri antrinya gila2an!) setelah say bye sama Ana yg langsung nunggu bus ke Bekasi, gw pun menuju counter utk check-in dan kmudian melipir ke imigrasi. Di imigrasi like usual, udah rameee bgt! Tapi berhubung masih pagi jd mood masih oke :D

Setelah dpt giliran di cek paspor, dan ga ada masalah gw pun lanjut ke waiting room, masih sepi bgt booo! Huuaaah brangkat sendiri keluar negeri kaya gini emang musti kuat2 mental deh… mudah2an lancar dan ga ada hambatan ya selama 6 hari ini, aamiin di waiting room, Cuma nunggu 15 menitan di waiting room, pesawat Malaysia Airlines udah langsung boarding, yeaaay ga nunggu lama2… mari naik pesawat dan bismillah, the journey is about to start!

Di pesawat, gw udah langsung pgn tidooor (berhubung semalaman ga tidor!) gw duduk di seat 7F deket jendela, and only me sit there, yepp di sebelah gw ga ada org, yiippiie!! Jadi ga malu deh kalo mau alay2 alias selfie sendiri wkwkw *harap mklum, I do selfie if I get bored* tapi ternyata hasrat utk tidur mengalahkan niat mulia gw, dan zzzz…zzz lets sleep…

Kira2 gw dapat “golden time” untuk tidur sekitar 30 menitan lebih, setelah itu gw terbangun gara2 suara pramugari nawarin makanan… okee, ada 2 jenis makanan, nasi lemak dan omelette n sausages. Gw pilih omelette aja, semalam gw udah makan nasi padang sama Ana soalnya hahaha… dan yes, marilah makan… well how is the taste of the food? Yeah, so so lahhh.. tapi mayan bwat ganjel perut sebelum tidur lagiii wkwkw… fyi, dari Jakarta ke KL, it takes time skitar 2 jam. Beda ya cin pas gw ke KL dari padang… Cuma 45 menit sajooo ahaha… :D

Setelah makan omelette, sosis dan baked-potato serta minum jus apel, tidur pun kembali dilanjutkan. Ehhh tapiii pas gw liat ke jendela, OH MY GODNESS!!! Pemandangan matahari mau terbit indaaaah bgttt, setelah bengong macam sapi ompong krn kagum sama sunrise, gw pun buru2 ambil digicam dan smartphone bwat nge-capture moment itu. YA ALLAH, indaaah luar biasaa… ALLAH MEMANG MAHA KUASA YA… bergantinya malam ke pagi aja begini indah… hiksss malu kalo masih ga patuh sama ALLAH, Sang Pemilik Jagad Raya :’)

Setelah ngambil foto2 sunrise di kamera, saatnya tidur lagiii… mari kita chicken-chicken sleep alias bobok bobok ayam alias dibilang bobok enggak dibilang melek enggak ahhaa… ya intinya relax ajaa, sambil nunggu pesawat yang kayanya bntr lagi sampe KL.

Jam 7.40 waktu Malaysia, pesawat pun landing dengan mulus… Alhamdulillah! Gw pun langsung ngibrit turun pesawat bwat nyari toilet wkwkw udah kebelet bgt nahan dari Jakarta tadi :P
Pencarian toilet aman dan ga serempong kalo di Soetta!!! Yep, gw langsung bisa melipir buang air kecil! Well, di KLIA, kita ga harus antri gila2an ky di Soetta. Di KLIA toiletnya banyaaaaaaaaaaaaak bgt dan bersih!!! Udah gitu tempat bwat nyimpen bagasi/tas bawaan cukup spacious di dalam toiletnya, jadi bisa dibawaaak *gak was2 ilang deh*

Siiip, setelah kelar pipis, gw pun menuju transit gate, utk melapor ke officernya dan nanyak soal flight ke Siem Reap, dan ternyata masih lamaa, skitar 4 jam-an lagiii… hohooo bisa ngupi dulu nih dan nge-blog sebentar :)

Jalan dikit mengitari toko2 duty free yg jualan macem2 coklat dan barang unyu2, gw pun akhirnya mutusin ke Old Town White Coffee aja, its because Starbucks penuh!! Gpp deh asal dpt tempat utk duduk dan minum!! Gw mesen Milk Tea yg dingin. Harganya ga trlalu mahal, ga segila starbucks! Gw beli milk tea yg dingin ukuran besar Cuma 6,50 RM, sekitar 22.000-an, mayanlahhh ganjel tenggorokan yg ausss hahaa..

And here I am, ngupi sambil ngeblog sambil nunggu next flight to Siem Reap :)

Oya, nanti di Siem Reap, orang Kementerian Lingkungan Hidup Cambodia yg bakalan jemput, trus malamnya ada gala dinner sama Menterinya. Huaaah :')
Cant wait for thaaaattt... Btw, utk yg mau tau apa itu APN, bisa cek link-nya disini,,, yg mau ikut seleksi tahun depan juga bisa looh, mereka tiap tahun kasih funding ke para peneliti di Asia Pasific bwat ikut kegiatan kaya gw ini... Tapi slot-nya hanya 8-10 orang loh yaaa... Gratis tis tiissss, cuma ya gitu agak repot dikit, bikin essay :)
Here is the link: http://www.apn-gcr.org/

Doakan smua kegiatan gw 6 hr ini lancar ya teman2… see ya in the next post!!!